IJALISME

Walau Patah Sayap Rajawali Bertongkat Juga Aku ke Sini

TANDA TANDA ANDA JATUH CINTA ?:.

1. Sukar melelapkan mata
Biasanya anda jarang mengalami masalah untuk tidur. Kali ini, sejak bertemu dan berkenalan dengannya ingatan anda kepada si dia kian menebal hingga mengganggu tidur anda.

2. Perasaan sentiasa berdebar
Perasaan anda sentiasa berdebar-debar jika bertembung dengan si dia. Malah anda jadi kelam kabut dan menggelabah apabila dia menghampiri anda.

3. Suka ambil tahu
Anda semakin berminat untuk ambil tahu tentang latar belakang dan perkembangan si dia. Anda tekun mendengar cerita mengenai si dia dan sering bertanya tentang si dia daripada kawan-kawannya.

4. Resah gelisah
Hati anda merasa resah dan gelisah pabila si dia tidak kelihatan. Anda tercari-cari kalau-kalau terlihat kelibat bayangnya.

5. Dihinggapi cemburu
Anda mula merasa cemburu bila si dia berbual dan melayan kehadiran orang lain sekalipun kawan-kawanya. Ikutkan hati anda, biarlah dia berbual dan melayan anda seorang. Sikap anda itu ketara kelihatan sehingga disedari kawan-kawan anda sendiri.

6. Hobi baru, termenung
Bila tidak melakukan sesuatu, anda segera termenung. Fikiran anda jauh melayang dan pancaindera anda tertutup untuk menyedari hal-hal yang berlaku di sekeliling anda. Di mata anda terbayang-bayang wajah si dia dan anda berada di sampingnya.

7. Dating
Ada sahaja alasan anda ajukan kepadanya untuk berjumpa. Kemudian secara terang, anda tawarkan keluar bersama. Kesempatan yang terluang atau di hari cuti pasti anda habiskan untuk dating. Kadang-kadang anda buat temujanji lagi di waktu malam sekalipun baru petang tadi anda berdua sudah berjalan-jalan.

8. Rindu.
Anda tidak dapat mengawal perasaan. Setiap saat mengingati si dia, bagaikan terdengar suaranya sayup-sayup di telinga. Apapun yang dipandang akan mengingatkan anda kepada si dia. Anda ingin berjumpa dan melihat wajahnya.

9. Bergayut di telefon
Sekalipun bayaran telefon mahal, anda sanggup menghabiskan masa berjam-jam sehingga terjejas masa tidur anda hanya untuk berbual kosong dengan si dia. Anda tidak peduli kalau bil meningkat atau perlu beli kad telefon banyak-banyak. Yang penting dapat dengar suaranya untuk melepaskan rindu. Lagipun baru dapat lena tidur setelah mendengar suara si dia.

10. Berubah citarasa
Kehadiran si dia berjaya mengubah citarasa anda tentang pelbagai perkara. Sejak kebelakangan ini, anda lebih berminat untuk menghayati senikata lagu-lagu berirama sentimental yang bertemakan percintaan. Sebelum ini anda lebih gemar mendengar irama rock, heavy metal dan hip hop.

11. Memberi hadiah
Anda memberi si dia hadiah padahal hari lahirnya masih jauh. Anda peka dengan perkembangan semasanya supaya dapat dijadikan alasan untuk memberikan hadiah. Malah, tiap bulan anda memberikannya hadiah sekalipun harus berbelanja besar. Yang pasti, anda akan memberikan hadiah yang paling istimewa di hari lahirnya nanti.

12. Awal ke tempat kerja
Sejak menaruh minat kepadanya, anda lebih bersemangat rozin

13. Lebih rajin
Prestasi kerja anda semakin meningkat jika dibandingkan sebelum ini. Anda jadi lebih semangat, kreatif dan berfikiran positif. Perkembangan anda yang membanggakan itu disenangi kawan-kawan dan majikan.

14. Menjaga penampilan
Penampilan anda tidak lagi ringkas dan sederhana. Meskipun anda lelaki, anda akan mengunjungi salon kecantikan untuk potongan rambut yang bergaya dan rawatan muka. Pakaian anda berubah corak menjadi lebih menjurus kepada fesyen terkini. Wajah berhias dengan mekap hingga nampak mempesona. Dari hujung rambut ke hujung kaki anda cantik menawan dan segak bergaya.

15. Defensif
Maknanya anda melakukan pembelaan. Pantang orang lain salah cakap atau sekadar mengusik, anda akan mempertahankan si dia meskipun sampai anda marah dan timbul permusuhan. Ada masanya percakapan mereka itu ada kebenarannya, tetapi anda tetap bersikap defensif.

16. Merajuk
Sedikit salah, sedikit silap anda lekas merajuk. Anda sanggup tidak makan tengahari atau tidak menegur sapa selagi si dia tidak menegur dan meminta maaf. Anda juga terus merajuk sehingga dia berkali-kali memujuk.

17. Mudah bersalah sangka
Anda mudah merasa hampa lalu kecewa jika kemahuan atau permintaan anda tidak dipenuhi. Misalnya si dia tidak hadir temujanji, anda sangka dia mungkir janji. Anda anggap dia tidak memberi perhatian dan tidak mempunyai perasaan.

18. Sentiasa kata ‘Ya’
Apa pun katanya, pendapatnya dan permintaannya, anda jawab dengan ‘Ya’. Anda sentiasa akur dan menurut sekalipun ada di antara permintaannya yang keterlaluan dan pendapatnya kurang anda senangi.

19. Sanggup berkorban
Untuk si dia sanggup bersusah payah melakukan semuanya. Dengan rela hati anda jadi pemandu peribadinya, jadi orang suruhan, meluangkan diri anda untuknya di hari cuti dan memenuhi setiap permintaannya.

20. Jadi orang lain
Tiba-tiba anda jadi pelakon yang terbaik kerana mahu memenuhi cirri-ciri peribadi yang menjadi idaman si dia. Di depannya anda seorang romantik dan berlemah lembut sekaipun kenyataannya anda seorang yang kasar dan mudah marah. Demi si dia, anda sanggup berubah menjadi orang lain.

21. Prihatin
Anda bukan hanya ambil tahu malah sentiasa menghulurkan tangan membantu. Anda akan pastikan si dia tidak mengalami sebarang masalah dalam kehidupan sehariannya dan menjamin kebajikan dan keselamatannya.

22. Berkhayal
Potret wajah si dia jadi teman setia di waktu keseorangan. Ada masanya anda habiskan masa hanya merenung wajahnya di potret sambil berangan-angan jauh. Berkhayal seperti itu anda rasa bahagia.

23. Inginkan persamaan
Sejak mengenali si dia anda berusaha mengikuti kegemaran dan citarasa untuk mempamerkan anda meminatnya. Anda akan mengemari filem dan lagu Hindustan, masakan barat dan meniru setiap tingkah lakunya. Anda mahukan wujud persamaan dengan si dia.

24. Sumber ilham
Kata-katanya menjadi pendorong semangat. Anda sedari bahawa anda mempunyai kemampuan untuk melangkah jauh dan mengejar cita-cita anda. Rupanya anda ada kelebihan tersendiri yang baru anda sedari. Si dialah yang membuka minda anda. Dialah sumber ilham anda.

25. Pasang impian
Anda sering termenung membayangkan impian masa depan anda bersama dia. Selalu berdua ke mana sahaja, lalu mendirikan rumahtangga, mempunyai sejumlah anak yang comel dan tinggal dalam sebuah rumah idaman bersama. Anda dan dia sama-sama susah dan senang dalam menjayakan cita-cita sekeluarga.

26. Suka memuji
Dari pendiam anda jadi seorang yang ramah mesra dan suka memuji. Anda peka dengan penampilan si dia dan lekas memberikan pujian dan sanjungan. Hati anda rasa berbunga-bunga dapat memuji dan apalagi kalau dia merasa bangga dan senang hati oleh puji-pujian anda.

27. Mulut manis
Anda hanya berkata hal-hal yang baik sahaja ketika bersamanya. Anda akan bersetuju dan mendokong percakapannya sekalipun tidak anda sukai. Tujuannya kerana anda tidak mahu menyinggung perasaannya. Tambahan pula anda tidak mahu menjejaskan perhubungan yang baru berputik.

28. Tanda ingatan
Anda memberikan sesuatu yang istimewa sebagai tanda ingatan. Jika buku diberikan, anda akan tulis sedikit kata-kata di dalamnya sebagai renungan atau kenangan. Di hari raya anda hulurkan kad raya atau kad ucap selamat di hari lahirnya. Sekalipun tidak berterus-terang, dari kata-kata yang tercoret di dalam buku dan kad dapat mencerminkan luahan isi hati anda terhadapnya.

29. Inginkan perhatian
Anda selalu mengharapkan si dia memberikan perhatian dan mahu meluangkan masa bersama anda. Walaupun anda tidak mahu menyusahkan si dia, namun sedikit perhatian yang diberikannya sudah cukup menggembirakan hati.

30. Bertekad memilikinya
Secara drastik, anda berhasrat untuk memilikinya. Apapun keadaan dirinya, anda pasrah dan menerima. Anda ingin selalu di sampingnya, menjadi teman hidupnya sehidup semati.

Iklan

Juli 24, 2007 Posted by | Tak Berkategori | 1 Komentar

CBSA (Cinta Bersemi Sesama Aktifis)

ayat-ayat-cinta.jpg

Di mana aja, kapan aja, dan siapa aja dijamin nggak akan bisa lolos dari serangan virus yang satu ini. Bukan DBD, Flu Bu-rung, atau Worm. Tapi virus yang kekuatannya bisa bikin sang pejuang mati-matian ngapalin lagu Avril I’m with you-nya atau atau juga peterpan dengan aku dan bintang. Meski nilai bahasa Inggris di raport-nya delapan ngakak alias 3! Pede banget kan?

Yup. Virus yang dikenal dengan julukan virus merah jambu (VMJ) pembangkit rasa cinta ini kagak ada matinya. Malah mungkin kita berharap nggak mati-mati. Coz , hidup kita bakal terasa garing bin monoton tanpa kehadiran cinta. Baik cinta kepada yang Maha Pencipta maupun kepada lawan jenis. Ali bin Abdah berkata, “tak mungkin seseorang menghindar dari cinta, kecuali orang yang kasar perangainya, kurang waras, atau tidak mempunyai gairah.” Maka berbahagialah orang-orang yang masih bisa mencintai dan dicintai. Ciee….Aa Gym banget neh!

Bener sobat, nggak lengkap rasanya jadi manusia kalo kita nggak bisa mencintai dan dicintai. Karena ini fitrah. Jadi wajar aja kalo virus ini merajalela mencari mangsa di setiap kesempatan. Maka di kalangan selebritis dikenal istilah ‘cilok’ alias cinta lokasi. Sebutan untuk pasangan seleb yang terlibat jalinan asmara karena sering ketemu di lokasi syuting.

Ssttt….jangan bilang-bilang ya. Ternyata di kalangan aktivis dakwah juga ada ‘cilok’ lho. Hah?! Masa’ sih? Beneran. Cuma di kalangan jilbaber en jenggot simpatik ini, ‘cilok’ berubah menjadi ‘CBSA’. Mentang-mentang mayoritas pelajar. Do you know CBSA? Ini nih: Cinta Bersemi Sesam Aktifis . (ehm..ehm..SERU euy!) Tapi jangan salah, meski ‘Cilok’ dan ‘CBSA’ sama-sama mengandung unsur cinta, tapi keduanya tetep beda. Kalo ‘CBSA’, lebih terjaga dari kontaminasi. Sementara ‘cilok’ lebih kepada cinta yang ternodai. Ups!

So, kalo kamu pengen tahu lebih banyak tentang CBSA, kamu bisa tanya guru SD masing-masing. Tapi, kalo penasaran ama ‘CBSA’, kamu dah bener kalo baca Studi kali ini. Yuuuuk!

Romantika aktivis dakwah

Sobat muda muslim, kalo mengamati pergaulan para aktivis dakwah mungkin ada beberapa pertanyaan yang mampir di benak kita. Apalagi keseharian mereka yang gaul ama sesamanya. Cewek ama cewek. Cowok ama cowok. Kesannya antilawan jenis banget. Apa mereka steril dari rasa cinta? Apa yang ada dalam benak mereka cuma dakwah doang? Apa menjadi aktivis dakwah kudu punya antivirus untuk menghadang VMJ? Apa-apanya dong…eh, kok jadi lagu sih?

Nggak usah dibikin pusing, sampe nyanyiin lagu Nek Titik Puspa gitu. Para aktivis dakwah itu sama aja kayak kita. Sejenis manusia yang punya rasa cinta. Cuma bedanya, mereka nggak show of forces untuk urusan ini. Apalagi sampe deklarasi segala di acara reality show Katakan Cinta atau Playboy Kabel . Nggak lah yauw. Mereka punya prinsip yang bagi sebagian orang terdengar ‘aneh’ dalam hal pengungkapan rasa cinta. Anti-pacaran en nggak phobi ama nikah dini. Catet ya!

Nah, masalah-nya, kita sering bertanya-tanya, gimana mung-kin bisa terjalin rasa cinta di antara mereka kalo mereka sendiri anti-gaul bebas. Bukankah gaul bebas itu terbukti menjadi media subur untuk memupuk rasa cinta kepada lawan jenis? Eit, jangan salah. Nggak gaul bebas bukan berarti nggak berinteraksi dengan lawan jenis. Emangnya penghuni dunia dakwah cuma satu jenis? Tetep, aktivitas dakwah juga meng-haruskan mereka berhubungan dengan lawan jenis. Apalagi yang tergabung dalam sebuah organisasi. Kudu ada konsolidasi dakwah. Inget-inget tuh!

Sebagai aktivis dakwah, tentu konsolidasi itu mengharuskan pihak ikhwan (muslim) menjalin kerjasama dengan para anggota ‘diva’ alias divisi akhwat (muslimah). Saling tukar informasi. Rapat bulanan untuk evaluasi kinerja dakwah sekaligus planning untuk masa mendatang. Sampe tergabung dalam kepani-tiaan acara. Dan nggak mungkin kegiatan kayak di atas dilakukan tanpa adanya pertemuan. Walau mungkin rapat bisa aja pake fasilitas teleconference . Tapi itu pasti bakal menyedot banyak biaya. Bisa-bisa acaranya nggak jadi digelar gara-gara nggak ada biaya. Berabe kan?

Nah, dari seringnya pertemuan itulah bisa menyita perhatian khusus antar aktivis. Meski nggak terungkap, VMJ tengah mengamati mangsa yang hendak diburu. Satu sama lain saling menyimpan rasa kagum. Dari sinilah tumbuh perasaan simpati, empati, yang seterusnya bisa bikin jatuh hati. Walau hanya tersimpan rapi dalam diary atau menghiasi relung hati. Intinya, malu-malu tapi mau!

Proses tumbuh dan mewabahnya VMJ di kalangan aktivis, nggak jauh beda dengan ‘cilok’ ala seleb. Cinta bersemi saat aktif dalam dakwah. Makanya kita nggak usah ragu bin worried untuk jadi seorang aktivis dakwah. Pergaulan mereka yang terkesan anti-lawan jenis, hanya salah satu cara buat nunjukkin kalo Islam juga punya aturan maen dalam pergaulan. Justru kita kudu bangga jadi aktivis. Karena untuk urusan jodoh, Allah bakal ngasih pasangan hidup yang ‘qualified’ buat para aktivis pengemban dakwah yang istiqomah.

Firman Allah Swt:

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang (baik) pula.” (QS an-Nûr [24]: 26)

Mengendalikan rasa cinta

Sobat muda muslim, nggak salah kalo cinta bisa mendera siapa aja. Termasuk para aktivis dakwah. Tapi tetep kita kudu waspada ama VMJ ini. Soalnya orang bisa berubah karena kasmaran. Yang pasti nggak berubah jadi Ksatria Baja Hitam . Tapi perubahan yang lambat laun nampak dalam diri kita. Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya Raudhah al-Muhibbin wa Nuzhah al-Musytaqin menuliskan komentar sejumlah orang tentang pengaruh cinta dalam kehidupan seseorang.

Di antaranya sebagai berikut: “Cinta itu bisa menyucikan akal, mengenyahkan kekhawatiran, mendorong untuk berpakaian rapi, makan yang baik-baik, memelihara akhlak yang mulia, membangkitkan semangat, mengenakan wewangian, memperhatikan pergaulan yang baik, serta menjaga adab dan kepribadian. Tapi cinta juga merupakan ujian bagi orang-orang yang shaleh dan cobaan bagi yang ahli ibadah”.

Nah, lho? Ternyata cinta bukan cuma Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki seperti kata Sheila On Tujuh . Tapi juga merupakan ujian sekaligus cobaan buat orang shaleh, ahli ibadah, termasuk aktivis dakwah. Kok bisa? Iya, karena cinta nggak cuma bisa mengubah pe-nampilan aja. Dia juga bisa membelokkan niat yang udah lurus. Komitmen dakwah bisa berubah. Aktivitas dakwah yang awalnya diniatkan untuk mendapat ridho Allah bisa terkontaminasi saat VMJ meradang. Ini yang kudu diwaspadai.

Tentu kita nggak pengen dong, aktivitas dakwah kita yang mulia jadi kacau-beliau gara-gara kita terpana pesona cinta. Makanya kita kudu pandai mengendalikan rasa itu. Seperti kata dokter, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk urusan cinta juga sama. Lebih baik kita mencegah aktivitas yang bikin VMJ meradang. Ada dua hal yang bisa kita jalanin sebagai langkah pencegahan (kayak 3M DBD aja neh!).

Pertama , dari dalam diri kita. Di sini kita kuatkan benteng pertahanan dari serangan rasa cinta yang membabi buta. Caranya, rajin puasa sunat. Rasulullah menganjurkan pemuda-pemudi untuk berpuasa sebagai satu perisai takwa. Perbanyak membaca al-Qur’an, shalat tahajjud, dan berdzikir kepada Allah saat godaan itu datang. Perbanyak juga doa kita kepada Allah. Minta kepada-Nya biar kita dijauhin dari perbuatan yang haram, minta juga kepada-Nya biar kita dikasih jodoh yang qualified dunia-akhirat. Mau dong?

Kedua , dari luar diri kita. Ini juga nggak kalah pentingnya. Faktor ling-kungan gampang banget meluluhlantakkan pertahanan yang kita bangun. Itu sebabnya, kita kudu bisa menata lingkungan sekitar kita. Misalnya, memini-malisasi pertemuan dan komunikasi dengan lawan jenis. Walau itu untuk konsolidasi dakwah. Sorry , bukannya mo ngerecokin, cuma kita khawatir, jiwa muda kita tak kuasa meredam gejolak rasa cinta itu. Kita juga bisa gaul ama temen-teman yang bisanya nggak cuma manas-manasin doang. Tapi mampu membantu kita menjaga izzah alias harga diri. Sehingga kita bisa belajar menundukkan pandangan. Baik terhadap para ‘macan’ (makhluk cantik) mau pun terhadap media ‘syerem’ yang bisa memacu adrenalin kita.

Kita kudu nyadar kalo seorang aktivis dakwah sering jadi panutan dan teladan bagi orang lain. Nggak cuma Allah yang mengawasi tiap omongan ama tingkah lakunya, tapi juga umat. Gimana jadinya kalo pas ngisi pengajian begitu bersemangat bilang pacaran itu haram. Tapi, pas doi lagi kasmaran, perilakunya nggak beda ama aktivis pacaran. Apalagi pake ngeles dengan istilah ‘pacaran islami’. Idiih…malu ama umat tuh! Firman Allah Swt: “Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (QS ash-Shaf [61]: 3)

Menentukan prioritas

Sobat muda muslim, kalo kamu udah bisa atau minimal lagi belajar mengendalikan rasa cinta, sekarang kamu udah pantes buat belajar menentukan prioritas. Karena untuk urusan ekspresi cinta, Islam cuma mengatur dua tahap. Khitbah dan nikah. Nggak ada lagi. Masalahnya, kadang para aktivis dakwah yang mayori-tas pelajar terbentur dengan banyak hal sampe kerepotan memilih satu di antara dua pilihan itu. Kalo pun ada yang berani, lebih didominasi faktor emosi. Bisa jadi was-was sang target ‘disamber’ duluan ama yang laen (Emangnya bis kota maen serobot?)

Kalo mau khitbah dulu, kecil kemungkinan bisa bertahan sampe kamu lulus sekolah atau kuliah terus dapet kerja. Bawaannya pasti pengen segera ijab qabul . Padahal, segala kebutuhan keuangan masih disubsidi penuh ama ortu. Bakal berabe ke depannya. Perhatian kamu bakal terpecah. Antara beresin kuliah atau matengin rencana nikah. Bisa-bisa nggak optimal dua-duanya. Padahal kehidupan rumah tangga bakal menuntut suami untuk mencari nafkah materi. Nggak cuma bermodalkan cinta. Sementara ijazah pendidikan pun adakalanya punya peranan bagi sang suami demi mem-peroleh nafkah.

Nah, kalo udah gini bagusnya kita pusatkan perhatian pada aktivitas tholabul ‘ilmi yang lagi digeluti. Biar masa depan juga terbingkai dengan rapi. Tapi, bukan berarti kita ngelarang kamu mikirin soal nikah lho. Nggak. Silakan aja kalo kamu mau mulai mempelajari soal pernikahan lebih dalam. Karena terpancing ama senior yang bilang nikah itu nikmat, indah dan ibadah, misalnya. Tapi kamu kudu siap hadapi risiko yang bakal menyedot perhatian kamu. Berani ambil risiko? Pikirkan dengan mateng!

Oke deh sobat. Kita percaya kamu-kamu bisa mengambil pilihan dengan bijak. Jangan sampe CBSA bikin aktivitas dakwah kamu kendor. Catet, sekali lagi kita ngingetin, dakwah itu untuk mendapat ridho Ilahi. Bukan karena orang yang dikasihi. Dan jangan takut keduluan, karena jodoh masing-masing nggak akan kelayapan. Oke? Tetap semangat!

Untuk kata yang terakhir aku mau ucapin, jujur tulisan ini tidak sepenuhnya saya yang tulis namun ini adalah kisah nyata yang pernah ada & alami, tampa harus bicara

Juli 10, 2007 Posted by | Tak Berkategori | 3 Komentar

Pengertian Filsafat

2.jpg

Apakah filsafat itu? Bagaimana definisinya? Demikianlah pertanyaan pertama yang kita hadapi tatkala akan mempelajari ilmu filsafat. Istilah “filsafat” dapat ditinjau dari dua segi, yakni: a. Segi semantik: perkataan filsafat berasal dari bahasa arab ‘falsafah’, yang berasal dari bahasa yunani, ‘philosophia’, yang berarti ‘philos’ = cinta, suka (loving), dan ’sophia’ = pengetahuan, hikmah(wisdom). Jadi ‘philosophia’ berarti cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaran. Maksudnya, setiap orang yang berfilsafat akan menjadi bijaksana. Orang yang cinta kepada pengetahuan disebut ‘philosopher’, dalam bahasa arabnya ‘failasuf”. Pecinta pengetahuan ialah orang yang menjadikan pengetahuan sebagai tujuan hidupnya, atau perkataan lain, mengabdikan dirinya kepada pengetahuan. B. Segi praktis : dilihat dari pengertian praktisnya, filsafat bererti ‘alam pikiran’ atau ‘alam berpikir’. Berfilsafat artinya berpikir. Namun tidak semua berpikir bererti berfilsafat. Berfilsafat adalah berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh. Sebuah semboyan mengatakan bahwa “setiap manusia adalah filsuf”. Semboyan ini benar juga, sebab semua manusia berpikir. Akan tetapi secara umum semboyan itu tidak benar, sebab tidak semua manusia yang berpikir adalah filsuf. Filsuf hanyalah orang yang memikirkan hakikat segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan mendalam. Tegasnya: filsafat adalah hasil akal seorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Dengan kata lain: filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran segala sesuatu. Beberapa definisi kerana luasnya lingkungan pembahasan ilmu filsafat, maka tidak mustahil kalau banyak di antara para filsafat memberikan definisinya secara berbeda-beda. Coba perhatikan definisi-definisi ilmu filsafat dari filsuf barat dan timur di bawah ini:

A. Plato (427sm – 347sm) seorang filsuf yunani yang termasyhur murid socrates dan guru aristoteles, mengatakan: filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli).

B. Aristoteles (384 sm – 322sm) mengatakan : filsafat adalah ilmua pengetahuan yang meliputi kebenaran, yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda).

C.Marcus tullius cicero (106 sm – 43sm) politikus dan ahli pidato romawi, merumuskan: filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang mahaagung dan usaha-usaha untuk mencapainya.

D. Al-farabi (meninggal 950m), filsuf muslim terbesar sebelum ibnu sina, mengatakan : filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.

E. Immanuel kant (1724 -1804), yang sering disebut raksasa pikir barat, mengatakan : filsafat itu ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan, yaitu: ” apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika) ” apakah yang dapat kita kerjakan? (dijawab oleh etika) ” sampai di manakah pengharapan kita? (dijawab oleh antropologi)

F. Prof. Dr. Fuad hasan, guru besar psikologi ui, menyimpulkan: filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.

G. Drs h. Hasbullah bakry merumuskan: ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia, dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu. Kesimpulan setelah mempelajari rumusan-rumusan tersebut di atas dapatlah disimpulkan bahwa:

A. Filsafat adalah ‘ilmu istimewa’ yang mencoba menjawab masalah-masalah yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan biasa kerana masalah-masalah tersebut di luar jangkauan ilmu pengetahuan biasa.

B. Filsafat adalah hasil daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami atau mendalami secara radikal dan integral serta sistematis hakikat sarwa yang ada, yaitu: ” hakikat tuhan, ” hakikat alam semesta, dan ” hakikat manusia, serta sikap manusia sebagai konsekuensi dari paham tersebut. Perlu ditambah bahwa definisi-definisi itu sebenarnya tidak bertentangan, hanya cara mengesahkannya saja yang berbeda.

2. Cara membatasi filsafat

Kerana sangat luasnya lapangan ilmu filsafat, maka menjadi sukar pula orang mempelajarinya, dari mana hendak dimulai dan bagaimana cara membahasnya agar orang yang mempelajarinya segera dapat mengetahuinya. Pada zaman modern ini pada umunya orang telah sepakat untuk mempelajari ilmu filsafat itu dengan dua cara, yaitu dengan memplajari sejarah perkembangan sejak dahulu kala hingga sekarang (metode historis), dan dengan cara mempelajari isi atau lapangan pembahasannya yang diatur dalam bidang-bidang tertentu (metode sistematis). Dalam metode historis orang mempelajari perkembangan aliran-aliran filsafat sejak dahulu kala sehingga sekarang. Di sini dikemukakan riwayat hidup tokoh-tokoh filsafat di segala masa, bagaimana timbulnya aliran filsafatnya tentang logika, tentang metafisika, tentang etika, dan tentang keagamaan. Seperti juga pembicaraan tentang zaman purba dilakukan secara berurutan (kronologis) menurut waktu masing masing. Dalam metode sistematis orang membahas langsung isi persoalan ilmu filsafat itu dengan tidak mementingkan urutan zaman perjuangannya masing-masing. Orang membagi persoalan ilmu filsafat itu dalam bidang-bidang yang tertentu. Misalnya, dalam bidang logika dipersoalkan mana yang benar dan mana yang salah menurut pertimbangan akal, bagaimana cara berpikir yang benar dan mana yang salah. Kemudian dalam bidang etika dipersoalkan tentang manakah yang baik dan manakah yang baik dan manakah yang buruk dalam pembuatan manusia. Di sini tidak dibicarakan persoalan-persoalan logika atau metafisika. Dalam metode sistematis ini para filsuf kita konfrontasikan satu sama lain dalam bidang-bidang tertentu. Misalnya dalam soal etika kita konfrontasikan saja pendapat pendapat filsuf zaman klasik (plato dan aristoteles) dengan pendapat filsuf zaman pertengahan (al-farabi atau thimas aquinas), dan pendapat filsuf zaman ‘aufklarung’ (kant dan lain-lain) dengan pendapat-pendapat filsuf dewasa ini (jaspers dan marcel) dengan tidak usah mempersoalkan tertib periodasi masing-masing. Begitu juga dalam soal-soal logika, metafisika, dan lain-lain.

3. Cabang-cabang filsafat

Telah kita ketahui bahwa filsafat adalah sebagai induk yang mencakup semua ilmu khusus. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya ilmu-ilmu khusus itu satu demi satu memisahkan diri dari induknya, filsafat. Mula-mula matematika dan fisika melepaskan diri, kemudian diikuti oleh ilmu-ilmu lain. Adapun psikologi baru pada akhir-akhir ini melepaskan diri dari filsafat, bahkan di beberapa insitut, psikologi masih terpaut dengan filsafat. Setelah filsafat ditinggalkan oleh ilmu-ilmu khusus, ternyata ia tidak mati, tetapi hidup dengan corak baru sebagai ‘ilmu istimewa’ yang memecahkan masalah yang tidak terpecahkan oleh ilmu-ilmu khusus. Yang menjadi pertanyaan ialah : apa sajakah yang masih merupakan bagian dari filsafat dalam coraknya yang baru ini? Persoalan ini membawa kita kepada pembicaraan tentang cabang-cabang filsafat. Ahi filsafat biasanya mempunyai pembagian yang berbeda-beda. Cuba perhatikan sarjana-sarjana filsafat di bawah ini:

1. H. De vos menggolongkan filsafat sebagai berikut: ” metafisika, ” logika, ” ajaran tentang ilmu pengetahuan ” filsafat alam ” filsafat sejarah ” etika, ” estetika, dan ” antropologi.

2. Prof. Albuerey castell membagi masalah-masalah filsafat menjadi enam bagian, yaitu: ” masalah teologis ” masalah metafisika ” masalah epistomologi ” masalah etika ” masalah politik, dan ” masalah sejarah

3 dr. Richard h. Popkin dan dr avrum astroll dalam buku mereka, philosophy made simple, membagi pembahasan mereka ke dalam tujuh bagian, yaitu: ” section i ethics ” section ii political philosophy ” section iii metaphysics ” section iv philosophy of religion ” section v theory of knowledge ” section vi logics ” secton vii contemporary philosophy,

4. Dr. M. J. Langeveld mengatakan: filsafat adalah ilmu kesatuan yang terdiri atas tiga lingkungan masalah: ” lingkungan masalah keadaan (metafisika manusia, alam dan seterusnya) ” lingkungan masalah pengetahuan (teori kebenaran, teori pengetahuan, logika) ” lingkungan masalah nilai (teori nilai etika, estetika yang bernilai berdasarkan religi)

5. Aristoteles, murid plato, mengadakan pembagian secara kongkret dan sistematis menjadi empat cabang, yaitu:

A) logika. Ilmu ini dianggap sebagai ilmu pendahuluan bagi filsafat.

B) filsafat teoretis. Cabang ini mencangkup: ” ilmu fisika yang mempersoalkan dunia materi dari alam nyata ini, ” ilmu matematika yang mempersoalkan hakikat segala sesuatu dalam kuantitasnya, ” ilmu metafisika yang mempersoalkan hakikat segala sesuatu. Inilah yang paling utama dari filsafat.

C) filsafat praktis. Cabang ini mencakup: ” ilmu etika. Yang mengatur kesusilaan dan kebahagiaan dalam hidup perseorang ” ilmu ekonomi, yang mengatur kesusilaan dan kemakmuran di dalam negara.

D) filsafat poetika (kesenian). Pembagian aristoteles ini merupakan permulaan yang baik sekali bagi perkembangan pelajaran filsafat sebagai suatu ilmu yang dapat dipelajari secara teratur. Ajaran aristoteles sendiri, terutama ilmu logika, hingga sekarang masih menjadi contoh-contoh filsafat klasik yang dikagumi dan dipergunakan. Walaupun pembagian ahli yang satu tidak sama dengan pembagian ahli-ahli lainnya, kita melihat lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Dari pandangan para ahli tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa filsafat dalam coraknya yang baru ini mempunyai beberapa cabang, yaitu metafisika, logika, etika, estetika, epistemologi, dan filsafat-filsafat khusus lainnya.

1. Metafisika: filsafat tentang hakikat yang ada di balik fisika, hakikat yang bersifat transenden, di luar jangkauan pengalaman manusia.

2. Logika: filsafat tentang pikiran yang benar dan yang salah.

3. Etika: filsafat tentang perilaku yang baik dan yang buruk.

4. Estetika: filsafat tentang kreasi yang indah dan yang jelek.

5. Epistomologi: filsafat tentang ilmu pengetahuan.

6. Filsafat-filsafat khusus lainnya: filsafat agama, filsafat manusia, filsafat hukum, filsafat sejarah, filsafat alam, filsafat pendidikan, dan sebagainya. Seperti telah dikatakan, ilmu filsafat itu sangat luas lapangan pembahasannya. Yang ditujunya ialah mencari hakihat kebenaran dari segala sesuatu, baik dalam kebenaran berpikir (logika), berperilaku (etika), maupun dalam mencari hakikat atau keaslian (metafisika). Maka persoalannya menjadi apakah sesuatu itu hakiki (asli) atau palsu (maya). Dari tinjauan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam tiap-tiap pembagian sejak zaman aristoteles hingga dewasa ini lapangan-lapangan yang paling utama dalam ilmu filsafat selalu berputar di sekitar logika, metafisika, dan etika.

Kalau ngomong filsafat jujur aku bukan ahlinya, namun aku berusaha untuk belajar lebih baik dari hari ini , itu jelas setiap manusia juga akan mendambakan hal yang lebih baek dari yang sekarang ini, namun tidak semua orang bias berpikir demikian..
Layaknya kita yang selalu dapat kritikan dengan apa adanya ..
Namun aku yakin dengan pendirian yang sedikit kurang ini , untuk selalu memperbaiki diri disela sela kesalahan yang selalu ada dan selalu berjalandengan seiring berjalannya waktu…

Namun sungguh tiada salahnya kita manusia yang bodoh ini mencoba untuk memperbaiki diri dengan sedikit belajar dari apa yang belum kita ketahui, namun ketahuilah yang salah adalah ketidak inginan kita untuk mencoba dan rasa takut salah dengan apa yang akan kita belum lakukan untuk saat ini……”AKU BERPIKIR MAKA AKU ADA”

Juli 10, 2007 Posted by | Tak Berkategori | 37 Komentar

Gurindam Jiwa

Tuai Padi antara masak esok jangan layu-layuan

intai kami antara tampak esok jangan rindu-rinduan

Juli 6, 2007 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

UJIAN ‘vs’ TARBIYAH


Assalamualaikum….
kaifa haluukum wa imanukum?? Semoga kita semua sentiasa berada di bawah lembayung rahmat kasih sayangNya. Dan yang paling penting moga-moga kita semua tergolong di kalangan hambaNya yang sentiasa tamak untuk menambah saham keimanan dalam diri masing-masing, insyaAllah..
Allright, sudah lama rasanya jari jemari ini tidak menaip sesuatu. Al-maklumlah otak sudah lama tidak dikerah mengeluarkan idea-idea, agak beku sikit otak dan sejak akhir-akhir ini kehidupan agak sibuk sedikit dengan pelbagai komitmen walaupun diri ini belum lagi menjejak ke alam kampus yang mungkin lebih mencabar..Alhamdulillah, dalam kesibukan yang melanda, Dia masih lagi memberi kesempatan untuk saya berjalan, melihat, mentafsir seterusnya mengembalikan diri kepada fitrah insani yakni memuhasabahkan diri yang sentiasa melakukan kesilapan ini…benar-benar terasa diri ini kerdil di sisiNya…

Buat sahabat-sahabat seperjuangan yang disayangi…

Syukran banyak-banyak kerana tidak pernah jemu memberi semangat dan membantu diri ini untuk membina kembali keyakinan yang dulunya hampir roboh dek kerana masih lagi dalam keadaan hingusan untuk mengenali apa itu ‘UJIAN’…Walaupun kita semua sudah jarang berjumpa, dan mungkin tidak lama lagi masing-masing sudah ‘memasang sayap’ sendiri untuk terbang mencari menara impian, namun….Dia tetap kurniakan  keindahan ukhuwah sesama kita…. Alhamdulillah, syukur ya Rabb…

Kali ini, jari ini menaip atas dasar setiap perkataan yang ditaip ini lebih dekat dengan hati penulisnya dan juga atas dasar “agama itu nasihat”….dan moga-moga mesej kali ini bisa sampai ke dalam lubuk hati sahabat-sahabat sekalian juga untuk kita sama-sama muhasabah diri dalam meningkatkan ketaqwaan kpdNya…

Dalam kehidupan seharian, pernah tak kalian berasa di uji oleh Allah?? Sudah tentu pernah bukan ?? Kita cenderung mengatakan kalau kita ditimpa kesusahan, maka kita sedang mendapat cubaan dan ujian dari Allah. Ada di antara kita yang tidak sanggup menghadapi ujian itu dan boleh jadi ada pula di antara kita kuat dan tabah menghadapinya, alhamdulillah…

Cuba kita selak-selak kembali Al-Quran…

“Tidak ada kesusahan (atau bala` bencana)yang menimpa (seseorang)melainkan dengan izin Allah;dan sesiapa yang beriman kepada Allah,Allah akan memimpin hatinya(untuk menerima apa yang telah berlaku itu dengan tenang dan sabar);dan (ingatlah),Allah Maha Mengetahui akan tiap-tiap sesuatu..”(surah At-Taghaabun:11)

Al-Quran juga telah mengajar kita untuk berdoa..

” Ya Tuhan kami,janganlah Engakau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang2 yang sebelum kami.Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kami apa yang tak sanggup kami memikulnya…”

Haha..kalau kalian perasan, ayat / doa tersebut juga turut diadaptasikan dalam lagu yang dinyanyi kan oleh kumpulan nasyeed ‘DEVOTEES’…
Dalam kehidupan ini kita tidak mampu menghindarkan diri kita dari ujian dan ujian tersebut, yang boleh kita pinta adalah agar cubaan tersebut sanggup kita jalani.
Al-Quran melukis secara luar biasa cubaan-cubaan tersebut, Allah berfirman:

“ Dan sungguh akan kami berikan cubaan kepadamu dengan sedikit ketakutan,kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan.Dan berikanlah khabar yang gembira kepada orang2 yang sabar..”

Menarik bukan..?Allah telah menyebut orang yang sabarlah akan mendapat berita gembira. Jadi, bukan orang yang menang, berjaya, atau gagah tetapi orang-orang yang sabar!! Biasanya kita akan cepat-cepat berdalih, ” Yea, sabar juga ada batasnya..” atau lidah kita berseru, ” Sabar memang sabar..Aku mampu menerima kenyataan result aku teruk, tapi macam penerimaan mak dan abah ? Bagaimana pandangan orang lain terhadap aku ? huhu~ memang dasar manusia…selalu dipenuhi dengan alasan-alasan yang dia sendiri ciptakan untuk mempertahankan dirinya daripada di’cop’ oleh orang sekeliling sebagai seorang yang tidak sabar…

Kemudian Dia juga turut menjelaskan siapa yang dimaksudkan olehNya dengan orang yang sabar pada ayat di atas.

“ (Iaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucap…Innalillahi wa inna ilaihi rajiun..”

Jadi, ternyata begitu mudahnya Allah melakarkan gambaran sikap orang yang sabar itu. Kalimat ~Innalillahi wa inna ilaihi rajiun~ sudah sinonim dikalangan kita apabila ditimpa sesuatu musibah lebih-lebih lagi jika berlaku sesuatu kematian. Jika begitu, adakah kita tergolong di kalangan orang-orang yang sabar ?? Nanti dulu! Jika kita merenung dan menghayati kembali makna kalimat tersebut, maka kita akan tahu bahawa sulit sekali menjadi orang yang sabar.

Bagi yang lupa, erti kalimat tersebut ialah ;

“ Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadaNya lah kami kembali ..”

Kalimat ini ternyata bukan sekadar kalimat biasa.Kalimat ini mengandungi pesanan dan kesedaran tauhid yang tinggi. Setiap musibah, cubaan dan ujian itu tidaklah bererti apa-apa kerana kita semua adalah milik Allah; kita berasal dariNya, dan baik suka mahupun duka, diuji atau tidak, kita pasti akan kembali kepadaNya.Ujian apa sekali pun, semuanya datang dari Allah, dan hasil ujian itu kembali kepada Allah. Tidak dapat tidak kita kena menerimanya dengan hati yang redha dan yakin dengan ketentuaanNya. Inilah orang yang sabar menurut Allah !!

Kalau kita tanya diri balik, ikhlaskah kita apabila kita sudah pulun study gila-gila, setiap hari stay-up tak boleh nak kata laa, tapi akhirnya result hampeh juga..? Relakah kita menerima kenyataan bahawa result peperikasaan yang kita terima tidak seperti apa yang kita harapkan ?? Berubah menjadi dengkikah kita apabila melihat sahabat-sahabat kita yang sama duduk sebangku study dengan kita mendapat result yang lebih mantop daripada kita? Mampukah kita mengucap perlahan-lahan dengan penuh kesedaran, bahawa semuanya dari Allah. Kita ini tercipta daripada tanah dan akan kembali menjadi tanah. Bila kita mampu mengingat dan menghayati makna kalimat tersebut, di kala ujian dan cubaan menerpa kehidupan kita, maka Allah menjanjikan dalam Al-Quran:

“ Mereka itulah yg mendapat keberkatan yg sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Kalau kita perhatikan dan hayati kronologi kehidupan kita, pasti kita akan rasa hidup kita ini tidak ubah seperti roda. Kadang-kadang berada di atas, kadang-kadang pula berada di bawah. Semasa kita berada di atas janganlah kita berasa terlalu gah sebab suatu hari nanti kita pasti di bawah pula. Dan kalau kita berada di bawah, jangan sedih, jangan bimbang, jangan takut..insyaAllah suatu hari nanti kita pasti di atas tapi mestilah disusuli dengan usaha yang sewajarnya. Itulah sunnatullah kehidupan manusia….Subhanallah, adilnya Dia, cukup comel Dia aturkan kehidupan hamba-hambaNya.

Jarang sekali jika kita dapat rezeki dan kebahagiaan kita akan merasakan bahawa kita juga sebenarnya sedang diuji. Bagi orang yang benar-benar beriman akan merasakan setiap derap kehidupan merupakan cubaan dari Allah tidak kiralah sama ada baik atau buruk kurniaan dariNya. Dalam pada mendapat kegembiraan di atas kejayaan atau nikmat yang dikecapi, mungkin di situ Allah mahu uji sejauh mana rasa kesyukuran kita padaNya dan bagaimana kita meraikan kesyukuran tersebut. Adakah dengan berasa terlalu bangga sehingga melupakanNya atau sujud padaNya dengan linangan air mata kesyukuran..??

Saya nak selitkan sebuah cerita atau mungkin juga sebuah analogi berkaitan dengan kehidupan seharian yang kita lalui mungkin ada di antara kalian pernah dengar…

Seorang pekerja di sebuah proyek bangunan memanjat ke atas tembok yang sangat tinggi. Pada suatu saat dia harus menyampaikan pesanan penting kepada teman kerjanya yang ada di bawahnya. Pekerja itu berteriak-teriak, tetapi temannya tidak dapat mendengar kerana bunyi bising dari mesin-mesin dan orang-orang yang berkerja sehingga usahanya sia-sia saja.
Oleh kerana itu untuk menarik perhatian orang yang ada di bawah, dia cuba melemparkan wang syiling di temannya. Temannya itu berhenti bekerja untuk mengambil wang tersebut lalu kembali bekerja. Pekerja yang mahu menghantar pesanan tadi mengulangi perkara tersebut untuk kali kedua. Tapi hasilnya sama seperti tadi…
Tiba-tiba dia mendapat idea lain. Dia menggambil batu kecil lalu melemparkan kearah temanya itu. Batu itu tepat mengenai kepala temannya dan kerana berasa sakit, temannya memandang keatas. Kemudian pekerja itu dapat menjatuhkan catatan yang berisi pesanannya.

Allah kadang-kadang memberikan cubaan-cubaan ringan untuk membuat kita ‘memandang’ kepadaNya. Seringkali Allah melimpahi kita dgn rahmat, tetapi itu tidak cukup untuk membuatkan kita ‘memandang’ kepadaNya. Kerana itu, agar kita selalu mengingatiNya, Allah sering menjatuhkan ‘batu kecil’ kepada kita…..fikir-fikirkanlah…
Ujian sebenarnya mampu membawa kita kembali kepadaNya dan kadang-kala mampu menjauhkan diri kita kepadaNya. Bagi orang yang mempunyai hati yang “sihat”, dia akan berasa bahawa setiap ujian itu merupakan suatu pentarbiyahan dalam dirinya dan manakala bagi orang yang memiliki hati yang “sakit” atau “rosak”, baginya segala ujian yang diberikan olehNya merupakan suatu penderitaan yang membebankan. Dengan ujian juga sebenarnya mengajar seseorang supaya menjadi lebih mantop!! (trademark us.zamri ~huhu)

Akhirul kalam,

Subhanallah, alhamdulillah, Allahuakhbar…..

Diri ini sudah semakin matang untuk memahami apa itu ’UJIAN’….
“….Siapa yang tidak rela menerima ketentuanKu, silalah keluar dari bumiKu….”
Subhanallah inna lillahi wa inna ilaihi rajiun…

Juli 6, 2007 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

table table table td {vertical-align:top !important;}
span.blacktext12 {
visibility:visible !important;
background-color:transparent;
background-image:url("http://nb.mynicespace.com/54/5455.gif");
background-repeat:no-repeat;
background-position:center center;
font-size:0px; letter-spacing:-0.5px;
width:435px; height:75px; display:block !important; }
span.blacktext12 img {display:none;}Myspace Extended Network Banners

Myspace Network Banners

Myspace Codes

Juli 3, 2007 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

lagu raya


Juli 2, 2007 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

nyanyian antonio banderas


Juli 2, 2007 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Chintia…… bisakah berubah menjadi Chinindia??

Dalam perkembangan ekonomi dunia kita telah mengenal dua orang dalam satu jiwa mengembangkan potensinya. Orang pertama adalah China dan yang kedua adalah Tanah India. mereka berdua menyatu dalam satu jiwa dalam menguasai perekonomian dunia. maka Kita singkat Chintia aja biar menarik dan sedikit provokatif… yang punya namanya Chintia maaf ya … ini bukan rakayasa tetapi memang kenyataan.

China terkenal dengan negara produsen penjiplak terbesar didunia dan memiliki buruh yang murah, makanya jangan heran kalo produk kita selalu dibanjiri oleh produk china. Tokoh penting dalam negara china adalah Li Ka Shing. meskipun buta huruf namun beliau tetap yang terkaya di asia . coba bandingkan dengan kondisi kita yang udah sarjana hanya menghasilkan karya terbesar……. sebuah surat lamaran…….ih malu nye aku. satu Lagi yang menarik adalah Lennovo merupakan produk negara ini … lho kenal nggak sama Larry Yung???

sekarang China udah memulai Hitech ….Kita???? (jangan urus politik melulu bos kasian sekolah banyak yang runtuh). kalo kita orang mo bangun Hitech eh malah di demo

Nah …. Kalau yang jagonya IT maka kita tak salah akan mengarahkan ke Tanah India. Kalau mau jujur ya matematika itu berasal dari negerinya Shah Rukh Khan ini. menCari ahli IT di ditanah ini akan sama mudahnya mencari tukang batu di negara kita (meneydihkan ….) Tokoh yang selalu dikenang dalam percaturan negara Taj Mahal ini adalah Laksmi Mittal (siapa yaa….. artis nggak??? pasti kaya spt difilmkan?). Yang jelas beliau Bukan artis Tapi Raja Baja (bukan Bajaj) Dunia beliau punya putri yang cantik namun sayang telah menikah pada bulan november tahun 2006 (jangan kecewa dia masih punya keponakan yang menetap di Mumbai ……kira-kira 30 Km dari pintu gerbang “gateway to India” kearah utara adalah Rumahnya dan masih kuliah Indian Institute Technology Kanpur).

Nah bagaimana dengan kita???? (mohon dikommen aja udah capek deh) yang jelas kunci keberhasilan adalah pendidikan dan kepercayaan diri aja. Bhs inggrisnya Pas-pasan tapi selalu dipraktek kalo kita belajar detail tapi kurang prKTEK MUNGKIN KURANG PD YA….

saya memimpikan seseorang Gadis  yang bernama “Chinindia” yakni China, Indonesia dan India merupakan Raksasa dunia yang mampu mengalahkn hagemoni Barat. Tapi Kapan ???? may be yes maybe no…. yang jelas Aku selalu menunggu “sampai Nanti”mulai dari ufuk mata.

Juli 2, 2007 Posted by | tulisan | 1 Komentar